PENYEBAB PENURUNAN POSISI RANKING BLOG DI SERP


PENYEBAB PENURUNAN POSISI RANKING BLOG DI SERP

Alternative Link : [ Click Here ... ]
penyebab penurunan posisi ranking blog di serp

Penyebab Penurunan Posisi Ranking Blog di SERP ~ Apakah blog atau website anda pernah terjadi seperti itu ? Saya kira pengaruh penurunan posisi ranking serp dalam hasil pencarian di mesin pencari adalah merupakan hal yang wajar dan sangat sering dialami oleh blogger lain juga. Memang menjengkelkan dan membingungkan, apalagi penurunan posisi rangking blog di serp terjadi secara drastis atau terjun bebas.

Bagi seorang pebisnis online, penurunan ranking serp pasti akan berdampak pada pendapatan omzetnya hal ini tentu akan membuat si pebisnis online akan pusing 7 keliling, bahkan tidak bisa tidur ha ha. Lalu apa sih penyebab penurunan posisi ranking serp tersebut ?

Nah kali ini saya akan memberikan gambaran penyebab penuruan posisi ranking blog di serp atau pada pencarian tersebut, antara lain :

1.Tingkat persaingan kata kunci
Karena artikel mengandung kata kunci ( keyword ) yang banyak diincar oleh pemilik blog / website maka banyak yang melakukan optimasi untuk merebut posisi serp sehingga artikel yang tadinya menduduki posisi serp bagus kalah bersaing dengan artikel lain.

2. Backlink buruk / berlebihan
Suatu backlink juga akan memberikan andil dalam menentukan posisi ranking serp di mesin pencari, backlink buruk dan berlebihan yang tertanam akan tidak disukai oleh mesin pencari jika dianggap sebagai spam oleh google. Saya sangat menganjurkan anda agar tidak melakukan penanaman backlink menuju artikel anda yang berasal dari shoutbox dofollow. Shoutbox dofollow akan memberikan seluruh backlink yang berasal dari seluruh artikel yang terkait langsung menuju artikel anda. Sehingga artikel akan kebanjiran backlink yang tentunya akan dianggap spam oleh google. Jadi sebaiknya dapatkanlah backlink dengan wajar, tidak perlu melakukan spam yang pada akhirnya akan menyebabkan blog / website anda bunuh diri.

3. Backlink rontok
Backlink merupakan pendukung posisi ranking serp, jadi jika suatu saat ada blog mendapatkan tautan blog lain dan mendapatkan hilangnya / rontoknya backlink, sudah pasti akan mempengaruhi serp.

4. Update artikel
Suatu blog / website yang sangat jarang melakukan update artikel sudah tentu perhatiannya juga akan berkurang apalagi untuk melakukan optimasi seo onpage atau optimasi seo offpage. Sehingga jangan heran jikalau penyebab penurunan posisi ranking blog di serp kerap terjadi.

5. Adanya duplicate content
Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa blog yang mendapatkan duplicate content akan mengalami penurunan posisi ranking serp dan lebih rendah dari sebelumnya. Maka dari itu upayakan agar selalu mencek kesehatan blog / website anda dengan webmasters tools.

6. Artikel dicopas
Nah, ini merupakan hal yang menjengkelkan. Artikel yang berada pada posisi no 1 seringkali menjadi ajang empuk untuk dicopy paste oleh blogger-blogger lain yang hanya ingin instant untuk memiliki artikel. Walaupun hasil serp artikel copas hanya bersifat sementara, tetapi akan mempunyai pengaruh besar terhadapa artikel yang telah dicopas. Dalam hal ini saya sangat tidak menghendaki adanya upaya seperti itu.

7. Algorithma Hummingbird
Penyebab lain yaitu update algorithma dari google yaitu algorithma hummingbird yang mana jika suatu artikel yang dinilai tidak baik kualitasnya maka akan tidak disukai oleh algorithma hummingbird. Sulit sekali melakukan optimasi untuk blog yang telah mengalami hal ini. Dengan kata lain bahwa suatu artikel yang dirasakan bermanfaat dan memberikan nilai baik bagi pengunjung maka akan naik juga serp nya di mata google.

8. Komentar blog
Suatu blog / website yang memiliki banyak komentar mensinyalkan akan kualitasnya, tetapi disisi lain komentar yang banyak akan mengaburkan intensitas keyword / kata kunci suatu artikel. Jadi serba repot juga ya menjadi blogger ha ha.

9. Efek google sandbox
Google sandbox merupakan hukuman dari search engine google kepada blog / website yang dianggap melanggar standard dari google.salah satunya adalah spamming. Blog / website yang mendapatkan hukuman tidak akan muncul dalam hasil pencarian.

10. Mengandung Virus / Malware
Efek blog yang terkena virus atau malware akan disensor oleh mesin pencari google secara otomatis, karena dianggap berbahaya bagi pengunjung maka mesin pencari akan memberikan perigatan kepada calon pengunjung bahwa blog tersebut mengadung virus yang berbahaya, saya kira bagi pengunjung tentu tidak akan mau mengambil resiko tertularnya virus / marlware ke komputernya bukan ? Reputasi inilah yang akan dinilai oleh mesin pencari ataupun pengunjung sehingga sudah pasti blog akan terlempar dari pencarian.

11. Google +
Ada pendapat (masih prediksi) lain bahwa pembenaman google+ juga akan mempengaruhi posisi serp, jadi apapun yang berhubungan dengan google+ maka mesin pencari akan lebih mengutamakannya. Anda bisa mencobanya untuk membenamkan tombol +1 pada setiap artikel.


Nah, demikian beberapa penyebab penurunan posisi ranking blog di serp, posisi serp memang sangat mempengaruhi sebuah blog tetapi jangan lupa ungkapan yang diberikan oleh Matt Cutts bahwa 'content is king',  semoga dapat memberikan manfaat untuk anda, salam blogger.


PENYEBAB PENURUNAN POSISI RANKING BLOG DI SERP

Alternative Link : [ Click Here ... ]

9 Responses to "PENYEBAB PENURUNAN POSISI RANKING BLOG DI SERP"

  1. mungkin blog-ku mendapat masalah di shoutbox dofollow. terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek saja sob menggunakan webmasters tools, biasanya backlink hasil shoutbox dofollow akan membanjiri blog

      Hapus
  2. salam kenal mas
    saya langsung praktek nih tipsnya,
    cara mengatasi shout box itu gmn mas ??
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau shoutbox harus meminta si empunya shoutbox untuk menghapus link yang tertanam, atau coba saja menggunakan dissavow

      Hapus
  3. Ohh, backlink yang tertalu banyak itu gak baik ya gan, mungkin karena terkesan gak natural ya.
    Yang ane bingung, kenapa blog penyedia template gratis seperti blog maskolis yang punya ratusan ribu backlink bisa dapat PR 6?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semakin banyak backlink semakin mantap sob, tetapi cara memperoleh lebih baik yang natural dan kualitas backlink juga menjadi perhatian, banyak backlink belum menjamin PR akan baik, malah akan menjadi bumerang bagi blog anda yang telah ber PR tinggi. Over optimize juga akan membuat google membantai blog anda, oleh karena itu berhati-hatilah.

      Hapus
  4. Broo mimin, mau tanya

    misalnya saya melakukan optimasi backlink dari komentar dofollow manual saja dengan mengguanakan naked URL, kira2x bagus apa gak?

    dan kalau bisa saya ingin tahu cara tembak keyword untuk per halaman+optimasi yang baiknya gimana

    Makasih :D

    PS: kalau bisa balas ke g+ ane yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya naked link tetaplah sesuatu yang baik walaupun tanpa anchor text, tetaplah menjadi perhitungan backlink. Tentunya pencarian sebuah keyword tidak hanya bergantung kepada backlink saja gan, masih ada faktor lain yang menjadi perhitungan search engine, misalnya update atau kualitas sebuah artikel.
      terimakasih kunjungannya sob

      Hapus

TERIMAKASIH SUDAH BERKOMENTAR DI BLOG INI, BERIKAN G+ 1 JIKA ANDA MERASA ARTIKEL INI BERMANFAAT, DAN MAAF JIKA ADA KOMENTAR YANG TIDAK TERBALASKAN OLEH SAYA